Generate CSR Multi Domain Wildcard

Sebagai sysadmin entah kapan pasti akan menemui kasus dimana harus membuat sertifikat untuk beberapa domain dan subdomain pada perusahaan yang sedang dikelola. melalui kasus tersebut maka banyak yang mengalami gundah gulana dalam membuat Certificate Signing Request untuk semua domain dan subdomain yang dikelola hanya dengan sekali pembelian sertifikat Sebagai contoh kasus
  • domain1.com
  • *.domain1.com
  • domain2.com
  • *.domain2.com
dengan contoh kasus tersebut maka kebutuhannya adalah Multi Domain Wildcard Certificate untuk menghasilkan itu bisa menggunakan openssl, silahkan ikuti langkah berikut:

Continue Reading

Memasang SSL Verified (Comodo) ke Mikrotik Hotspot

SSL Verified by Comodo yang sudah dibeli dari provider berhasil terpasang di hotspot login mikrotik. saya asumsikan anda sudah memiliki file certificate yang berlisensi misal dari comodo atau geotrust atau yang lain dan setidaknya memiliki file berikut: (jika belum memiliki anda bisa membelinya dahulu melalui tutorial saya "Membuat SSL terverifikasi untuk VPS/Dedicated Server")
  1. ca.key
  2. ca.crt
  3. ca.ca -> ca.cer / ca.cert
Note: ca.csr tidak digunakan karena file tersebut hanya digunakan untuk melakukan request certificate saja sedangkan ca.key tetap digunakan (jadi jangan sampai hilang)

Continue Reading

Memonitor Website yang Diakses oleh Client Mikrotik

Metode ini akan memonitor semua akses website yang terjadi oleh client dan direkam ke dalam database, sehingga bisa diolah sesuai keinginan. untuk memulai proses ini saya asumsikan bahwa mikrotik sudah terkonfigurasi dan klient sudah terhubung dengan internet, baik dengan LAN ataupun hotspot login.

Setting Logging di Mikrotik

Untuk menampilkan atau mengetahui Website yang diakses, gunakan fitur Loggin di Mikrotik, caranya adalah sebagai berikut:

Continue Reading

SQL Server Management Studio (SSMS)

Sebagai seorang sysadmin pasti harus melakukan monitoring dan management server, salah satunya database server. Untuk mempermudah dalam pekerjaan maka sysadmin akan melakukan dengan cara menggunakan client/remote. Kali ini akan kasi tutorial management SQL Server dengan Management Studio

Continue Reading

Membuat SSL terverifikasi untuk VPS/Dedicated Server

sslSaat ini banyak domain atau aplikasi berbasis web menggunakan jalur koneksi SSL (https) dengan maksud supaya lebih aman karena menggunakan jalur secure. Jika memasang SSL pada cpanel atau sejenisnya itu adalah hal mudah tetapi bagaimana jika akan memasang SSL pada VPS atau dedicated server milik sendiri, banyak yang bingung akan hal ini. Tenang saja saya akan memberikan cara untuk melakukan hal tersebut supaya server memiliki akses SSL Penyedia SSL verifikasi ada banyak diantaranya RapidSSL, Comodo, Symantec, GeoTrust, dll. tetapi jika yang punya paypal atau sejenisnya tidak jadi masalah jika akan langsung membeli SSL di situs resmi tersebut. Tetapi bagi yg tidak punya bisa menggunakan provider terpercaya atau penyedia hosting anda

HASIL SERTIFIKAT BISA DIGUNAKAN UNTUK APACHE2 (HTTPD) MAUPUN NGINX

Berikut saya akan memberi contoh membeli SSL di IDWEBHOST serta memasangnya pada server yang dikelola sendiri

Continue Reading

Mengamankan Mikrotik dari Serangan Denial of service attack (DOS)

Salah satu serangan yang dilakukan oleh attacker/hacker untuk melumpukan jaringan komputer adalah dengan melakukan serangan Denial of Service attack. Dimana serangan ini akan membanjiri trafik sehingga komputer/router akan menjadi terambil alih koneksinya kepada komputer yang melakukan serangan DoS sampai dimana proses dari komputer/router meningkat dan bisa mengakibatkan komputer/router menjadi crash. Akibatnya komputer/router target bisa tidak dapat beroperasi. Pada router MikroTik anda dapat melakukan penanganan dengan cara membatasi koneksi dengan batas koneksi yang diperbolehkan dari suatu alamat IP(internet Protocol).Jadi tiap koneksi yang diterima (Incoming Connection) akan dibatasi dalam melakukan koneksi sehingga tidak akan menyebabkan router mikrotik kehabisan resource.

Continue Reading

The power of documents

Kami sajikan dengan bahasa yang mudah dengan disertai command line yang bisa di copy-paste sehingga memudahkan untuk melakukan modifikasi command line