Cara Konfigurasi Beberapa Alamat IP Public

Saya akan memberikan contoh singkat cara mengkonfigurasi yang menggunakan beberapa IP Public pada Mikrotik. Jadi disini anda memiliki lebih dari 1 IP Public pada 1 ISP. Kita menambahkan semua IP Public yang diberikan ISP pada interface yang terhubung (milik saya eth1 yang mengarah ke ISP)

Continue Reading

Failover Mikrotik dengan 2 Koneksi

Teknik Failover adalah suatu teknik jaringan dengan memberikan dua jalur koneksi atau lebih dimana ketika salah satu jalur mati, maka koneksi masih tetap berjalan dengan dialihkan ke jalur lainnya. Teknik failover ini cukup penting ketika kita menginginkan adanya koneksi jaringan internet yang handal dan minimal disconnect dari internet. Teknik ini biasa dilakukan pada perusahaan dimana kegiatannya sangat bergantung pada layanan internet, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan/lembaga kecil juga bisa membutuhkan hal seperti ini.

Continue Reading

Cara Mengetahui MAC Address komputer lain dalam jaringan

Terkadang kita harus mengetahui MAC Address Komputer, baik untuk pendataan ataupun akan dimanfaatkan dalam security jaringan. Bagi yang sudah tau biasa menggunakan command prompt dengan perintah
ipconfig /all
dengan perintah tersebut kita akan mendapatkan semua informasi dari interface yang berada di komputer/laptop kita. Nah bagaimana jika kasusnya harus melihat di banyak komputer?

Continue Reading

Setup NTP Server untuk Jaringan Lokal

NTP Server berfungsi sebagai server yang menjadi acuan waktu dalam sebuah jaringan, sehingga semua komputer yang berada di dalam jaringan tersebut memiliki waktu yang sincron/sama di semua komputer client yang memalukan request time. Ini biasa diterapkan pada perusahaan dimana syncronisasi sangat dibutuhkan untuk ketepatan waktu semua mesin dalam perusahaan, misalnya absen karyawan harus sama semua dalam suatu perusahaan yang memiliki banyak lokasi kantor. Dalam hal ini saya menggunakan Ubuntu server 12.04 LTS sebagai OS Server tersebut. Kita anggap bahwa server sudah diinstall ubuntu.

Continue Reading

Cara Setting AP Repeater

Repeater berfungsi untuk menguatkan kembali pancaran sinyal yang lemah, biasanya Sinyal pada jarak batas maximum akan hilang sinyal maka sebelum jarak maximum diperlukan repeater untuk menguatkan kembali sinyal. Berikut cara setting repeater, sebagai sample AP yang digunakan sebagai repeater adalah TL-WA5210G cara ini bisa diterapkan untuk AP lain

Continue Reading

Urutan Pemasangan Warna Kabel LAN/UTP

  Jaringan memang tidak pernah lepas dari yang namanya kabel LAN/UTP. Pemasangan kabel LAN memang tidak dilakukan setiap saat sehingga wajar jika seorang networker lupa lagi urutan warna kabel LAN/UTP (Saya pun juga terkadang lupa). maka disini saya akan share urutan pemasangan warna kabel LAN untuk mengingatkan kembali baik tipe Straight maupun tipe Cross.

Continue Reading

Cara Setting DNS/NameServer Permanent di Ubuntu Server

DNS adalah jalur komunikasi untuk interaksi jaringan baik lokal maupun internet, untuk menerjemahkan alamat domain. Di linux server untuk memberi DNS maka yang harus di edit adalah /etc/resolv.conf tetapi jika merubah file tersebut tidak akan permanent, maksudnya adalah ketika di restart maka DNS/nameserver akan hilang dan kita harus menset ulang kembali. nah.. berikut cara untuk mengatur dns/nameserver supaya jika di-restart tidak akan hilang.

Continue Reading

The power of documents

Kami sajikan dengan bahasa yang mudah dengan disertai command line yang bisa di copy-paste sehingga memudahkan untuk melakukan modifikasi command line