Mengaktifkan Wake-On-LAN (Di Ubuntu)

Ini adalah catatan saya untuk membuat Wake-On-LAN bekerja di Ubuntu. Saya memiliki server yang saya gunakan untuk menjalankan sebagian besar komputasi, pada ubuntu kasus yang saya miliki setelah melakukan poweroff mengalami kegagalan saat akan melakukan Wake-On-Lan karena fitur ini sangat saya butuhkan sehingga perlu perlakuan khusus supaya saya dapat mengaktifkan Wake-On-LAN sehingga saya dapat menyalakan server kapan pun dimanapun. Menariknya, menu BIOS saya memiliki opsi untuk mengaktifkan wake up from shutdown, tetapi fitur ini tidak bekerja ketika menggunakan linux. Setelah mencari informasi ternyata memang ketika shutdown memberikan sinyal untuk tidak menerima response ketika BIOS terjadi WOL, sehingga perlu melakukan kirim sinyal ke BIOS supaya BIOS tetap meresponse WOL saat linux shutdown.

Continue Reading

Change permissions for a folder and its subfolders/files in one step

Mengubah permision/ijin untuk folder dan subfolder/file dalam satu langkah Untuk beberapa kasus tertentu pasti kamu menginginkan mengatur direktori ke 755 dan membiarkan file-file dalam mode ke 644, dimana default folder biasanya 755 dan default file biasanya 644. Untuk ini, Anda dapat menggunakan perintah find. Sebagai contoh:

Continue Reading

Sinkronkan Atom Editor di beberapa PC (via Dropbox)

Salah satu opsi yang bisa digunakan adalah menggunakan layanan cloud seperti Dropbox. Saya menyertakan metode ini di sini hanya karena memungkinkan dalam praktik penggunaannya. Cara ini bisa anda terapkan jika Atom Editor yang anda gunakan berada di beberapa PC/Laptop. Misalnya PC kerja dirumah, laptop sebagai mobilitas, dll. Berikut caranya:

Continue Reading

Cara Menemukan Alamat IP Publik Saya Dari Command Line di Linux/Mac

Bagaimana cara mengetahui alamat IP publik saya di baris perintah Linux dan OS X Unix untuk digunakan dengan skrip bash shell saya sendiri tanpa menggunakan situs web pihak ketiga. Halaman ini menjelaskan cara mengetahui alamat IP Anda sendiri menggunakan opsi baris perintah pada shell bash Ubuntu, Debian, CentOS Linux, macOS / OS X dan Unix. Gunakan perintah dig untuk mendapatkan alamat IP publik saya:

Continue Reading

Merubah repository ubuntu ke Indo (All version)

Untuk menggantinya, kita backup terlebih dahulu Repository bawaan melalui terminal dengan mengetik;
cp /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.bk
Setelah backup berhasil, kemudian jalankan script berikut, nanti akan otomatis berpindah ke repo lokal sesuai code_name versi ubuntu yang sedang digunakan

Continue Reading

Mendapatkan Notifikasi untuk Free Memory Desktop/Server

Free Memory adalah memory RAM yang tersisa dan bisa digunakan. Sebagai SysAdmin akan membutuhkan ini untuk mengetahui free memory yang tersedia oleh server, karena untuk mengantisipasi jika terjadi low memory yang mengakibatkan lemotnya sever. Berikut saya berikan contoh script yang sudah dimanfaatkan untuk debian Desktop supaya ada notif ke layar jika memory low Silahkan modifikasi sesuai kebutuhan, anda bisa melakukan modifikasi jika menginginkan akan mengirim email jika server low memory, script berikut berbasis PHP sehingga mudah untuk dimodifikasi
#!/opt/lampp/bin/php 
<?php $alert_percent = ($argc > 1) ? (int)$argv[1] : 90; 
$interval      = ($argc > 2) : (int)$argv[2] : 25; 
//while(true) { 
        exec("free", $free); 
        $free = implode(' ',$free); 
        preg_match_all("/(?<=\s)\d+/", $free, $match); list($total_mem, $used_mem, $free_mem, $shared_mem, $buffered_mem, $cached_mem) = $match[0]; $used_mem -= ($buffered_mem + $cached_mem); $percent_used = (int)(($used_mem * 100) / $total_mem); if($percent_used > $alert_percent) 
                exec("notify-send 'Low Memory: $percent_used% used'"); 
//      sleep($interval); 
//} 
exit(); 
untuk menjalankan bisa dengan ./filescript.php PERHATIAN: Jika akan dijalankan melalui daemon silahkan hilangkan tanda comment supaya bisa script berjalan tanpa henti dan selalu cek ke memory pada interval waktu tertentu Semoga informasi ini bisa membantu

Continue Reading

Setting IP Static di ubuntu 20.04/18.04 (Netplan) (Server)

Untuk ubuntu terbaru ini terdapat perbedaan dalam melakukan konfigurasi ip static yakni sekarang menggunakan netplan. Pada ubuntu sebelumnya dalam mengkonfigurasi IP Static adalah dengan melakukan konfigurasi pada /etc/network/interface sedangkan pada ubuntu terbaru bukan lagi disitu melainkan harus melakukan konfigurasi pada netplan. Ada perbedaan silahkan ikuti petunjuk singkat berikut:

Continue Reading

The power of documents

Kami sajikan dengan bahasa yang mudah dengan disertai command line yang bisa di copy-paste sehingga memudahkan untuk melakukan modifikasi command line