XAMPP PHP sendmail using yahoo mail [work-100%]

Berikut saya akan berikan konfigurasi supaya XAMPP dapat mengirim email dari localhost ke email manapun bahkan dapat mengirim ke gmail, yahoo, hotmail, dll. konfigurasi yang dilakukan sangat mudah dan sederhana *Dengan syarat XAMPP terkoneksi dengan internet, Silahkan ikuti petunjuk berikut:

Continue Reading

Install MongoDB Driver in XAMPP Mac (OS X)

Buka terminal sebelum menuju ke penginstalan sebaiknya lakukan hal berikut
nano ~/.profile
Tambahkan baris berikut
export PATH=/Applications/XAMPP/bin:$PATH
Simpan lalu tutup terminal dan buka kembali terminal

Continue Reading

Membuat PDF dari HTML (URL page) dengan OpenSource Tool [ Linux / OS X / Windows ]

Apakah Anda memerlukan opensource tool yang cross-platform dan sederhana untuk mengubah halaman web ataupun HTML ke file PDF? Coba wkhtmltopdf. Dari halaman rumah proyek:
Utilitas shell yang sangat sederhana untuk mengubah html ke pdf menggunakan webkit/mesin rendering, dan Qt. Saya telah menemukan beberapa alat baris perintah yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi HTML-dokumen ke PDF-dokumen, namun semua yang saya coba kurang menghasilkan file yang sempurna. Baru-baru ini QT 4.4 dirilis dengan widget WebKit (WebKit adalah mesin Apel Safari, yang merupakan fork dari KDE KHTML), dan membuat alat yang baik menjadi sangat mudah.

Continue Reading

XAMPP dan Firebird (Interbase) Enable

Firebird adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Adakalanya kita sebagai admin menemui aplikasi yg menggunakan database firebird dan ingin membuat tampilan entah guna laporan atau sejenisnya melalui PHP. Berikut saya akan beri penjelasan cara melakukan enable firebird (interbase) di xampp.

Continue Reading

PHP Random String in PHP

Pemrograman PHP sudah menjadi bahasa yang familiar bagi programmer web karena sifat tool yang digunakan freeware dan nuansa hasil aplikasi berbasis web dapat diakses dari manapun bahkan melalui mobile. Kali ini saya akan menyajikan script untuk membuat random string/character yang biasa digunakan untuk membuat reset password dan menghasilkan sebuah character baru dan sebagai password baru, fungsi ini juga bisa digunakan untuk hal lain dimana membutuhkan random string

Continue Reading

XAMPP PHP sendmail using gmail [work-100%]

Berikut saya akan berikan konfigurasi supaya XAMPP dapat mengirim email dari localhost ke email manapun bahkan dapat mengirim ke gmail, yahoo, hotmail, dll. konfigurasi yang dilakukan sangat mudah dan sederhana, Silahkan ikuti petunjuk berikut:

Continue Reading

Apa yang dilakukan oleh web developer senior?

man-writing-website-design-plans Seorang pengembang web yang sudah senior, bertanggung jawab untuk merancang, pemrograman dan memecahkan masalah pada situs-situs baru atau yang sudah ada. Orang ini dapat bekerja secara mandiri atau sebagai pemimpin tim pemrograman dan pengaturan kantor, pengembang web senior ini yang sering dikenakan dengan hosting dan mengatur stafnya. Aspek besar lain menjadi seorang pengembang web senior bekerja bersama klien untuk menyajikan ide-ide baru, mengelola database yang ada, dan memberikan solusi teknis setiap kali terjadi masalah.

Continue Reading

PHP LDAP di xampp

PHP LDAP digunakan untuk melakukanSingle Sign On (SSO) pada pemrograman untuk login ataupun kebutuhan lain, dimana user berada pada server yang berbeda dan disebarkan dengan metode LightWeight Directory Access Control (LDAP), sehingga aplikasi tidak harus melalui register user yang memiliki kelemahan ketika ada banyak aplikasi maka user harus menghafal password tetapi jika menggunakan SSO maka user tidak perlu menghafal username dan password yang berbeda pada setiap aplikasi. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan php ldap pada xampp
  1. buka xampp/php/php.ini dan cari text ";extension=php_ldap.dll"
  2. kemudian hilangkan tanda comment sehingga menjadi "extension=php_ldap.dll" (tanda ; adalah tanda comment)
Setelah restart apache xampp maka sudah bisa aktif untuk php ldap. Tetapi terkadang ada juga yang mengalami error macam-macam, jika muncul error ketika restart/start apache xampp coba lakukan teknik berikut
  1. cari 3 file "libeay32.dll, libsasl.dll, ssleay32.dll" pada folder xampp/php/ .
  2. copy dan paste ketiga file tersebut ke C:\Windows\system32\ .
  3. restart apache xampp
Setelah melakukan cara diatas maka php ldap sudah bisa berjalan dan tidak muncul error Silahkan cek dengan script PHP LDAP kalian, jika masih muncul error php berarti script kalian ada yang salah dan silahkan cek DSN untuk koneksi ke LDAP Semoga Berhasil.

Continue Reading

The power of documents

Kami sajikan dengan bahasa yang mudah dengan disertai command line yang bisa di copy-paste sehingga memudahkan untuk melakukan modifikasi command line