Management Bandwidth dengan Queues Tree

Mikrotik yang memang memiliki keunggulan dalam bandwidth management sehingga kita tidak akan mudah kelolosan bandwidth, dengan konfigurasi yang sangat mudah sehingga kita dalam melakukan pembagian bandwidth untuk user kita. Simple queues dan queues tree sama-sama powerfull, namun dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa queues tree lebih powerfull dibandingkan simple queues. Simple Queues sesuai dengan namanya juga cukup simple dalam meng-configurasinya,namun di simple queues kita tidak bisa mengalokasikan bandwidth khusus untuk icmp sehingga apabila pemakaian bandwidth di client sudah full ping timenya akan naik dan bahkan rto ( request time out ). Berbeda halnya dengan Queue Tree, untuk melakukan konfigurasi sedikit rumit bagi pemula atau kita yang baru belajar Mikrotik, namun di queue tree kita bisa mengalokasikan bandwidth khusus untuk icmp, sehingga walaupun traffik user sudah full untuk ping bisa stabil.

Continue Reading

Memonitor Website yang Diakses oleh Client Mikrotik

Metode ini akan memonitor semua akses website yang terjadi oleh client dan direkam ke dalam database, sehingga bisa diolah sesuai keinginan. untuk memulai proses ini saya asumsikan bahwa mikrotik sudah terkonfigurasi dan klient sudah terhubung dengan internet, baik dengan LAN ataupun hotspot login.

Setting Logging di Mikrotik

Untuk menampilkan atau mengetahui Website yang diakses, gunakan fitur Loggin di Mikrotik, caranya adalah sebagai berikut:

Continue Reading

Mengamankan Mikrotik dari Serangan Denial of service attack (DOS)

Salah satu serangan yang dilakukan oleh attacker/hacker untuk melumpukan jaringan komputer adalah dengan melakukan serangan Denial of Service attack. Dimana serangan ini akan membanjiri trafik sehingga komputer/router akan menjadi terambil alih koneksinya kepada komputer yang melakukan serangan DoS sampai dimana proses dari komputer/router meningkat dan bisa mengakibatkan komputer/router menjadi crash. Akibatnya komputer/router target bisa tidak dapat beroperasi. Pada router MikroTik anda dapat melakukan penanganan dengan cara membatasi koneksi dengan batas koneksi yang diperbolehkan dari suatu alamat IP(internet Protocol).Jadi tiap koneksi yang diterima (Incoming Connection) akan dibatasi dalam melakukan koneksi sehingga tidak akan menyebabkan router mikrotik kehabisan resource.

Continue Reading

Merubah fungsi mikrotik menjadi switch/hub 100% untuk LAN maupun Wifi

Mikrotik memang sudah powerfull untuk digunakan dalam jaringan apapun, sebenarnya untuk switch/hub sendiri sudah ada perangkat yang murah, tetapi kadang kita sebagai IT memanfaatkan peralatan yang nganggur supaya bisa terpakai kembali walau hanya sederhana Tutorial kali ini saya akan memberikan cara supaya mikrotik berubah fungsi menjadi switch/hub untuk semua interface baik LAN maupun Wifi (jika mikrotik sudah memiliki wifi) sehingga semua interface dalam mikrotik menjadi switch/hub yang bisa saling terhubung

Continue Reading

Setting Mikrotik dengan Modem Bolt 4G/LTE

Cara Setting Modem BOLT 4G di MikroTik, kali ini saya coba setting modem BOLT 4G/LTE di MikroTik. Saya akan memfungsikan modem BOLT sebagai WAN / gateway koneksi internet pada router mikrotik. Kan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa jadi WiFi akses point untuk sharing internet ke user-user, kenapa harus pakai mikrotik lagi ? Contoh kali ini kenapa harus pakai mikrotik lagi, sedangkan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa untuk sharing koneksi internet adalah :
  • Koneksi akses wifi client cuma bisa 8-10 koneksi, dengan wifi mikrotik bisa lebih dari 8 client.
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE tidak bisa bandwidth management, dengan mikrotik kita bisa melakukan pengaturan badwidth user & atur akses terbatas dalam penggunaan internet. Dengan iming2 speed 10x lebih cepat dari modem 3G/CDMA, bisa dibayangkan quota anda seboros apa.
  • Selebihnya anda bisa setting koneksi LAN mikrotik anda bagaimana yang biasa Anda harapkan.

Continue Reading

Mikrotik Walled Garden for https

Mikrotik sudah menjadi hal umum dalam komponen jaringan, dan untuk hotspot pasti sudah mengenal walled garden. Walled Garden adalah fitur untuk mem-bypass suatu ip atau domain supaya dapat diakses tanpa login hotspot. sekarang sudah banyak situs yang menggunakan https karena beberapa alasan, diantaranya adalah karena keamanan dan juga SEO. tidak semua domain dapat di bypass terutama jika situs tersebut mengarah ke HTTPS berikut trik yang saya lakukan untuk mem-bypass (walled garden) domain yang menggunakan protokol HTTPS:

Continue Reading

Cara Konfigurasi Beberapa Alamat IP Public

Saya akan memberikan contoh singkat cara mengkonfigurasi yang menggunakan beberapa IP Public pada Mikrotik. Jadi disini anda memiliki lebih dari 1 IP Public pada 1 ISP. Kita menambahkan semua IP Public yang diberikan ISP pada interface yang terhubung (milik saya eth1 yang mengarah ke ISP)

Continue Reading

Failover Mikrotik dengan 2 Koneksi

Teknik Failover adalah suatu teknik jaringan dengan memberikan dua jalur koneksi atau lebih dimana ketika salah satu jalur mati, maka koneksi masih tetap berjalan dengan dialihkan ke jalur lainnya. Teknik failover ini cukup penting ketika kita menginginkan adanya koneksi jaringan internet yang handal dan minimal disconnect dari internet. Teknik ini biasa dilakukan pada perusahaan dimana kegiatannya sangat bergantung pada layanan internet, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan/lembaga kecil juga bisa membutuhkan hal seperti ini.

Continue Reading

The power of documents

Kami sajikan dengan bahasa yang mudah dengan disertai command line yang bisa di copy-paste sehingga memudahkan untuk melakukan modifikasi command line