Centos merubah default editor ke nano

Untuk pengguna CentOS default editor adalah menggunakan vi sehingga jika melakukan crontab atau lainnya maka akan langsung menggunakan editor vi. Tapi tidak sedikit juga sysadmin yang lebih menyukai nano dari pada vi

Continue Reading

Hindari Penggunaan Plugin Wordpress ini

Bagi pengguna wordpress pasti tidak asing dalam menggunakan Plugin, tetapi tidak semua Plugin itu menguntungkan, karena terlalu banyak menggunakan Plugin atau salah dalam memilih Plugin akan dapat menyebabkan website menjadi berat, bahkan kejadian terburuknya adalah website akan kena suspend oleh pihak hosting karena memakan resource server berlebih.

Continue Reading

Backup otomatis untuk server Linux menggunakan rsync dan crontab

Server Linux banyak digunakan oleh banyak perusahaan maupun lembaga untuk meng-hosting situs web mereka, database, atau layanan lainnya. Saya pribadi lebih menyukai sistem Linux Server dari pada Windows Server, tidak hanya karena Linux gratis, tetapi Anda mendapatkan kinerja yang lebih baik dan alat yang lebih kuat di Linux. Untuk mengatur server Linux, kadang-kadang Anda tidak benar-benar membutuhkan server fisik, berlangganan VPS dari Linode, DigitalOcean atau Amazon bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Meskipun sebagian besar penyedia server cloud memiliki layanan cadangan atau snapshot (biasanya tidak gratis), lebih baik memiliki rencana cadangan Anda sendiri. Perintah rsync adalah alat yang ideal untuk menyalin dan menyinkronkan file dan direktori ke komputer jarak jauh, sedangkan perintah crontab digunakan untuk menjadwalkan pekerjaan yang akan dieksekusi secara berkala. Menggabungkan kedua perintah ini, kita dapat mengatur solusi cadangan yang ringan dan efektif.

Continue Reading

Mikrotik DHCP Server Step-by-step

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat DHCP Server pada mikrotik dengan langkah manual (step-by-step), cara ini bisa membuat anda lebih mengetahui langkah pembuatan DHCP, kita tidak akan menggunakan cara DHCP Setup karena langkah itu terlalu mudah, tetapi membuat kita tidak tahu konfigurasi apa saja yang terbuat dari langkah satu tombol tersebut. baik langsung saja, berikut langkahnya

Continue Reading

Management Bandwidth dengan Queues Tree

Mikrotik yang memang memiliki keunggulan dalam bandwidth management sehingga kita tidak akan mudah kelolosan bandwidth, dengan konfigurasi yang sangat mudah sehingga kita dalam melakukan pembagian bandwidth untuk user kita. Simple queues dan queues tree sama-sama powerfull, namun dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa queues tree lebih powerfull dibandingkan simple queues. Simple Queues sesuai dengan namanya juga cukup simple dalam meng-configurasinya,namun di simple queues kita tidak bisa mengalokasikan bandwidth khusus untuk icmp sehingga apabila pemakaian bandwidth di client sudah full ping timenya akan naik dan bahkan rto ( request time out ). Berbeda halnya dengan Queue Tree, untuk melakukan konfigurasi sedikit rumit bagi pemula atau kita yang baru belajar Mikrotik, namun di queue tree kita bisa mengalokasikan bandwidth khusus untuk icmp, sehingga walaupun traffik user sudah full untuk ping bisa stabil.

Continue Reading

Alasan migrasi ke MariaDB

MySQL asli dibuat oleh perusahaan Finlandia / Swedia, MySQL AB, yang didirikan oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael "Monty" Widenius. Versi pertama MySQL muncul pada tahun 1995 . Ini awalnya dibuat untuk penggunaan pribadi namun dalam beberapa tahun berevolusi menjadi database kelas enterprise dan menjadi perangkat lunak database relasional open source terpopuler di dunia - dan memang masih ada. Pada bulan Januari 2008, Sun Microsystems membeli MySQL seharga $ 1 miliar. Segera setelah itu, Oracle mengakuisisi semua Sun Microsystems setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi Eropa pada akhir 2009, yang pada awalnya menghentikan transaksi karena kekhawatiran bahwa penggabungan tersebut akan membahayakan pasar database karena MySQL adalah pesaing utama produk database Oracle.

Logo MariaDBKarena ketidakpercayaan dalam pengelolaan Oracle terhadap MySQL, pengembang asli MySQL bercabang dan menciptakan MariaDB pada tahun 2009 . Seiring berjalannya waktu, MariaDB menggantikan MySQL di banyak tempat dan semua orang yang membaca artikel ini harus mempertimbangkannya juga.

Di Seravo, kami memindahkan semua database kami dari MySQL ke MariaDB pada akhir tahun 2013 dan pada tahun 2014 kami juga memigrasikan sistem pelanggan kami untuk menggunakan MariaDB.

Continue Reading

The power of documents

Kami sajikan dengan bahasa yang mudah dengan disertai command line yang bisa di copy-paste sehingga memudahkan untuk melakukan modifikasi command line